Husnul Amalia–Muslimah Diver

Assalammu’alaikum wr.wb  POLITE people..How’s your Ramadhan..? Semoga tetap lancar dan penuh berkah yah..Aamiin..

Kali ini POLITE berkesempatan untuk mewawancarai seorang muslimah yang memiliki hobi diving. Cool.. Yuk, disimak..Benar-benar menarik lho..!!

??????????????????????

Sejak kapan Husnul menyukai diving?

Saya menyukai diving sejak zaman sekolah dulu, sejak SMA sewaktu melihat acara menyelam di tv, rasanya ingin juga merasakannya. Tepatnya tahun 2009, tahun kedua saya kuliah saya mulai sertifikasi diving dengan bergabung di HIMBIO UNPAD.

Sail Bunaken Unpad

Sail Bunaken Unpad

Apakah dengan hijab, Husnul mendapatkan kendala pada saat itu?
Alhamdulillah tidak ada kendala
Apa yang mendorong Husnul untuk ikut serta dalam acara SAIL BUNAKEN?

Waktu itu baru beberapa bulan saya memiliki sertifikat diving, saya dan teman ikut acara ini, terbilang nekat juga, karena waktu itu kami masih pemula, masih basic diver..Kami terdorong karena waktu itu acara ini akan memecahkan rekor dunia GWR (Guinness World Record)..Terutama lagi, ini acara International dan mempertemukan penyelam-penyelam dari seluruh Indonesia dan dunia. Jadi pasti bisa menambah teman dan pengalaman juga.

Sail Bunaken

Sail Bunaken

 Tolong ceritakan dong, pengalaman Husnul waktu ikut serta dalam acara SAIL BUNAKEN?

Acara Sail Bunaken ini sebenarya  tidak hanya pemecahan rekor menyelam saja. Acara rekor pemecahan selam dilakukan di Pantai Malalayang Manado, bukan di Bunaken nya.Waktu itu kami berangkat awal Agustus, dari Jakarta ke Manado naik kapal TNI, KRI Tanjung Kambani 971 namanya. Selama ±7 hari perjalanan sampai di Manado. Makan, akomodasi, transport di tanggung semua oleh TNI. Gratis hehe…

Selama dalam perjalanan di kapal ada suatu acara yg berkesan, namanya mandi Khatulistiwa. Acaranya diadakan pada saat kapal melintas tepat di garis ekuator bumi. Para TNI AL berdandan seperti Dewa Neptunus, dan beberapa mahasiswa yang ikut serta di kapal jadi korban dimandikan dengan oli dan sebagainya..seru!! Di kapal ini sulit air jadi kalau mau mandi harus nunggu pengumuman adanya air,hehe…

Setiba di Manado kami pindah ke KRI Surabaya 591. Beberapa hari sebelum acara, kami melakukan gladi resik. Kami memecahkan rekor dunia untuk rekor “ The Largest scuba Diving Lesson” pada tanggal 16 Agustus 2009 dan “The Most People Scuba Diving Simultaneously during the 64th Indonesian National Day (Independence Day) Ceremony “ pada tanggal 17 Agustus. Itu suatu kebanggaan buat kami. Setelah berhasil memecahkan rekor, kami naik ke permukaan laut, dan saling bersalaman, saling mengucapkan selamat dengan para peserta lainnya. Rasanya bangga, senang, haru bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia selam.

Perjalanan pulang ke Jakarta, saya naik kapal yang sama, beberapa teman saya memilih pulang naik pesawat. Waktu itu sudah masuk Ramadhan, karena perjalanannya kurang lebih seminggu dari manado-jakarta, hari pertama puasa  dan beberapa hari setelahnya saya habiskan di kapal. Aktivitasnya seperti biasa, buka, sahur. Tapi yg berkesan adalah shalat tarawih berjamah di dek kapal, beratapkan langit yg dihiasi bintang-bintang dan suara kapal yang memecah ombak..Subhanallah.

Apakah Husnul punya pengalaman menantang yang lain, selain turut serta dalam acara SAIL BUNAKEN? Bisa tolong ceitakan pengalamannya?

Reef Check Karimujawa

Reef Check Karimujawa

OLYMPUS DIGITAL CAMERA???????????????????????????????

Tahun 2010 saya teman-teman belajar metode reef check di Pulau Karimunjawa dalam acara Reef Check Karimunjawa yang diadakan UNDIP, di sana kami juga memecahkan rekor MURI kuliah bawah laut.

Kuliah di Bawah Laut

Kuliah di Bawah Laut

Tapi pengalaman yg paling menantang adalah skripsi saya sendiri. Saya melakukan penelitian skripsi tentang terumbu karang di Bintan, Kepulauan Riau. Tepatnya di Conservation Lab Banyan Tree Bintan, selama 3 bulan. Disana saya melakukan penyelaman untuk penelitian saya.

???????????????????????????????

Bintan

???????????????????????????????

Saya meneliti tentang kondisi ekosistem terumbu karang, kesesuaian dan daya dukung wisatanya.  Itu pengalaman yang berharga juga buat saya. Selama disana saya harus belajar lebih mandiri, dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Alhamdulillah semuanya lancar.

Selain pengalaman-pengalaman yang lalu, apakah Husnul masih mempunyai mimpi yang lebih menantang lagi?

Saya ingin menjadi ahli toksikologi lingkungan dan saya senang mengajar. Cita-cita saya dari kecil ingin menjadi guru/dosen. Semoga suatu hari saya bisa menjadi dosen dan peneliti di bidang tersebut.

Punya pesan untuk POLITE people yang punya kegemaran menantang adrenalin?
Always safety first …:-)

For more info:

Name: Husnul Amalia
Place and Date of birth: Banda Aceh, 27 Januari 1990
Education: S1 Biologi UNPAD – lanjut S2 Biologi Lingkungan ITB
e-mail: husnul.amalia@gmail.com
twitter: @husnulamalia
fb: Husnul Amalia

Tinggalkan Balasan

