ASHFI QAMARA – MODEL HIJAB

tumblr_static_header_ashfi_q__slht01_c

Assalammu’alaikum, Wr. Wb

Hallo POLITE people apa kabar ? Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Pada kesempatan kali ini, POLITE berkesempatan untuk mewawancarai salah satu model hijab berbakat yaitu Ashfi Qamara. Wanita muslimah kelahiran 21 April 1989 asal Bandung ini adalah salah satu model berhijab yang sangat super duper sibuk dengan kegiatan lainnya selain model. Alhamdulillah, akhirnya POLITE dapat berkenalan lebih jauh dengan Ashfi. Mau tahu hasil ngobrol-ngobrol kita ? Siapa tau bisa jadi inspirasi buat kita semua🙂

fmnarsx-ashfi

Hallo Ashfi, apa kabar ? Selain menjadi model, apa saja kesibukan sehari-harinya ?

Hallo.. Aku sibuk posting-posting di blog aku, sebuah fashion & travel journal : ashfi.tumblr.com dan bekerja juga sebagai freelance creative director, fashion editor dan graphic designer.

Bagaimana awal mula cerita kamu menjadi model seperti sekarang ?

Awalnya aku dulu sekolah modelling di Bandung, dimana memang di kelas itu tidak ada yang berjilbab selain aku. Sejak sekolah modelling itu aku mulai bertemu dengan Hannie Hananto, Monika Jufry, lalu Irna Mutiara yang mana mereka adalah desainer-desainer muslim Indonesia. Dan mulailah menjadi model. Mereka semua adalah jalur ku menuju pencapaian seperti sekarang. Aku sangat respect pada mereka🙂

Apa yang membuat kamu percaya diri untuk menjadi model hijab ?

Dulu pada Tahun 2008, aku ingat awal kelas modelling ku. Saat itu belum ada fenomena hijabers. Aku hanya mengandalkan percaya diri aku pada tubuhku yang tinggi ini yang menjadi modal utama aku dan sebenarnya mempermudah awal mula karier aku di modelling ini, Alhamdulillah…

IMG_4413

Bicara soal percaya diri, bagian tubuh mana yang paling kamu suka dan kenapa ?

Aku suka rambut ku, karena setiap aku melepaskan jilbabku, rambutku yang pertama ku pandang dan ku jaga.

Apa suka dan duka dari dunia profesi kamu sebagai model ?

Profesi model terkenal dengan profesi yang keras, karena kita dikelilingi oleh orang-orang yang cenderung kelebihan percaya diri (walau tidak semua seperti itu). Hal itu merupakan hal yang biasa dan lumrah, akan tetapi tetap harus dihadapi dengan rendah hati, dan untuk tetap stabil dalam menjaga rasa percaya diri kita yang tinggi dan kerendahan hati kita adalah suatu hal yang sulit.

Sejak kapan mulai menggunakan hijab ?

Sejak tahun 2004. Aku memang sudah menggunakannya saat SMP di Madrasah Tsanawiyah, tapi kalau diluar sekolah aku lepas, saat SMA aku memutuskan untuk melanjutkannya karena sayang dan aku selalu merasa kematian bisa datang sewaktu-waktu setiap detiknya.

photo

Apa arti hijab menurut kamu ?

Menurutku, hijab adalah pembatas. Hijab bukan sesuatu yang secara fisik bisa kita lihat seperti miss konsepsi masa kini, seperti halnya wanita yang berhijab akan tetapi dia lupa dengan hijabnya tersebut, dengan masih berdekatan dengan non muhrim. Alangkah baiknya jika kita dapat memahami hijab lebih dalam, menggapai qalbu dengan ilmu kebathinan.

img-thing

Apa pendapat kamu tentang hijab saat ini ?

Sebenarnya agak berlebihan menurutku, tapi bukan berarti sepenuhnya buruk. Kita hanya sedang berada di area abu-abu, Insya Allah tujuan bersama kita adalah menuju area putih, karena tidak bisa dibilang putih tanpa ada hitam, namun jangan sampai selamanya berada di kegelapan. Naudzubillahminzalik…

Apa pesan yang ingin kamu sampaikan kepada teman-teman muslimah di luar sana ?

Tetaplah menjaga kesopananmu, kesantunanmu, kehormatanmu. “Hijab” bukanlah fashion, karena fashion adalah sebuah benda mati tiada nilai. Hijab adalah sebuah makhluk ghaib yang ada dalam dirimu masing-masing yang perlu dijaga, perlu disucikan. Dan janganlah lalai menjalankan perintahNya. Semoga ALLAH, Rasulullah dan keluarga sucinya senantiasa menjagamu wahai laskar Az-Zahra. Amin ya Rabb..

Alhamdulillah.. sungguh menginspirasi sekali pembicaraan kami dengan Ashfi. Mudah-mudahan segala cerita dan amanatnya dapat kita jalankan agar kita semua selalu berada di dalam lindungan penjagaan ALLAH.. Aamiin J

Wassalamualaikum POLITE people

Tinggalkan Balasan

