“ALEUT” COMMUNITY

headerbaru

Assalammu’alaikum wr wb

Hallo POLITE people.. Bagaimana resolusimu di Tahun 2013 ini ? Mungkin ada yang beresolusi untuk mempelajari sejarah kembali ? Jangan ragu POLITE people, karena sekarang sudah ada komunitas yang memberikan kesan berbeda dan lebih menarik dalam mempelajari ilmu sejarah. Komunitas Aleut! Begitulah namanya, suatu komunitas apresiasi sejarah dan wisata. Hmm.. Kesan berbeda apakah yang ditonjolkan dari komunitas ini ? Dan bagaimanakah sejarahnya komunitas ini bisa hadir di sekitar kita ? Sebelum kita mempelajari sejarah yang lain, kita pelajari dulu yuk sejarah singkat dari Komunitas Aleut.

Apakah itu “Komunitas Aleut” ?

Komunitas aleut merupakan komunitas nirlaba yang beranggotakan anak-anak muda yang ingin mencintai Kota Tempat Tinggalnya secara lebih menyenangkan lewat apresiasi sejarah dan wisatanya yang bersifat swadaya dan nonprofit.

Apa alasan komunitas ini dinamakan “Aleut” ?

Dinamakan Aleut karena metode utama kami yang dalam pengapresiasian sejarahnya dibentuk secara lebih menyenangkan dan populer dengan beriringan bersama-sama untuk mengenal sejarah. Aleut sendiri artinya itu berjalan beriringan. Maka dari itu, sangat tepat memberi nama komunitas ini Komunitas Aleut.

aleut

                Apakah visi dan misi Komunitas Aleut ?

Visi dari kami berawal dari  keinginan untuk mengubah sudut pandang dari masyarakat terhadap pelajaran Sejarah yang bagi sebagian kalangan adalah sesuatu yang menjemukan. Dan kami pun ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap hal-hal kecil yang berkaitan dengan sejarah, hal-hal yang banyak dilupakan orang. Maka dari itu, Komunitas Aleut mencoba melakukan program-program sederhana dengan terjun langsung ke lapangan, mengemas berbagai kegiatan yang edukatif tersebut dengan lebih menarik untuk media pembelajaran alternatif disamping studi formal.

Sejak kapan komunitas ini mulai dibentuk ?

Sejak tahun 2006.

Siapa pencetus awal Komunitas Aleut ini ? Dan bagaimana cerita awal mulanya komunitas ini terbentuk ?

Awal mulanya komunitas ini didirikan oleh beberapa teman-teman jurusan sejarah UNPAD dalam rangka mengisi acara penerimaaan mahasiswa baru jurusan sejarah. Konsepnya mengenalkan sejarah Kota Bandung dengan jalan-jalan ke objeknya langsung, dengan maksud untuk mengubah paradigma bahwa belajar sejarah itu tidak membosankan, mengantuk seperti di sekolah-sekolah. Setelah itu, untuk memperluas kegiatannya, didirikanlah klab aleut oleh beberapa anak UNPAD sejarah dan  2 anak non sejarah UNPAD (Pencetus).  Seiring berjalannya waktu klab aleut berubah nama menjadi komunitas aleut , karena dirasa penamaan “klab” tidak pas dengan keadaan perkembangan saat itu.

Sejauh ini, sudah ada berapakah jumlah anggota Komunitas Aleut ?

Untuk anggota sejauh ini sudah ada 500 anggota, dan untuk di facecook sendiri ada 3750 anggota.

original

Kegiatan rutin apa yang diadakan oleh Komunitas Aleut ?

Kegiatan rutin kami itu ada di setiap minggu, untuk Ngaleut atau mengunjungi objek sejarah, menonton film-film berbau sejarah, sekedar hangout, mengapresiasi musik, bahkan terkadang memasak bersama.

Apakah ada syarat dan ketentuan untuk gabung kedalam Komunitas Aleut ini ?

Siapapun yang berminat mempelajari sejarah mari gabung bersama kami di Komunitas Aleut, terutama untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Untuk gabung bersama kami ada beberapa syarat-syarat yaitu bisa membaca aksara latin, memiliki kemauan belajar, suka jalan-jalan, dan mengisi formulir. Dan semua kegiatan dalam Komunitas Aleut ini gratis, kecuali biaya pribadinya yaa.. Hehehe

aleut2

Apakah impian terbesar Komunitas Aleut untuk Bandung ?       

Impian kami membuat Bandung lebih baik lagi kedepannya, dengan cara mendorong masyarakat untuk peka dan menumbuhkan rasa kepemilikan Kota Bandung.

Apa pesan-pesan untuk masyarakat diluar sana ?

Cintailah kota tempat tinggal kita dimanapun itu, karena kota tempat tinggal kita secara tidak langsung telah memberi tanah airnya untuk warganya hidup.

Bagaimana POLITE people ? Siapa bilang belajar sejarah itu membosankan ?  Ternyata mempelajari sejarah itu seru juga jika dikemas secara lebih menarik dan tidak biasa, dan justru membuat diri kita menjadi adiktif untuk lebih mencari tahu tentang sejarah dari suatu tempat terutama di Bandung kota kita tercinta. Komunitas Aleut ini sudah membuktikannya, jadi tunggu apa lagi ? Hayuk ngiringan ngaleut ! J

Wassalam..

FOR MORE INFO

Sekretariat : Jl. Sumur Bandung No. 4 Bandung 40132

Contact Person : Reza (0857.20244991)

Email : komunitasaleut@gmail.com

FB : klab_aleut@yahoo.com

Website : aleut.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s