HALAL CORNER “Educate and Inspire you to get Halal”

logoHalalCornerAssalammu’alaikum POLITE people..

Pasti sering kali kita merasakan hal ini, yaitu keraguan akan kehalalan suatu produk, entah itu makanan, kosmetik, pengobatan, atau bahan sandang sekali pun. Hal itu sering kali menjadi kendala untuk kita, ada yang hingga bertanya kesana kemari, ada juga yang diabaikan. Ternyata hal ini menjadi masalah untuk banyak orang loh POLITE people, akan tetapi untuk sekarang Alhamdulillah ternyata sudah ada yang peduli untuk meluruskan keraguan-keraguan yang ada pada diri kita tersebut, pada tahun 2009 muncullah sebuah komunitas yang dinamakan HALAL CORNER. Hmm.. Apa itu HALAL CORNER ? Dan siapakah wanita muslimah dibalik komunitas ini ?  Ini dia jawabannya..

                Apa itu komunitas “Halal Corner” ?

                HALAL Corner adalah sebuah komunitas terbuka bagi masyarakat Indonesia ataupun Internasional  yang peduli akan kehalalan sebuah produk. Tidak hanya berbagi informasi tentang produk halal, tetapi juga mengedukasi agar peduli atas kehalalan produk, baik secara online maupun secara offline.

678528722

Pencetus awal komunitas ini siapa dan bagaimana ceritanya hingga memutuskan untuk mendirikan komunitas ini ?

Halal Corner berawal dari sebuah Fan Page pribadi Aisha Maharani yang dimulai pada tahun 2009, sebagai sarana pribadi untuk dakwah tentang Halal. Tetapi karena kesibukan pekerjaan penggunaan Fan page menjadi tidak terlalu optimal. Pada tahun 2011, tepatnya pada bulan Maret, Aisha Maharani membuat akun twitter @halalcorner dengan follower teman-teman dekat saja yang mempunyai akun twitter. Pada Agustus – November 2011, akun twitter menjadi booming atas informasi mengenai salah satu brand produk roti terkenal yang sertifikat halalnya telah dicabut MUI sejak tahun 2005. Berita tersebut ternyata di retweet oleh Pak Jamil Azzaini yang sudah banyak followernya, yang pada akhirnya mengakibatkan akun @halalcorner bertambah follower, dan sejak itu mulai banyak berdatangan pertanyaan-pertanyaan seputar produk halal masuk ke akun ini.  Selain di Facebook dan Twitter, Aisha Maharani juga menggunakan Blackberry sebagai sarana dakwahnya dengan membuat grup BBM Halal Corner yang kini sudah berjumlah 16 anggota. Atas permintaan anggota grup untuk bersilaturahim, akhirnya pada 4 Desember 2011, Halal Corner melakukan silaturahim bersama follower-follower dari BB grup tadi, dan diresmikanlah komunitas Halal Corner Bandung, yang menyusul di kota Jakarta, Batam dan Surabaya. Lalu pada Maret 2012 di Madinah. Alhamdulillah..

Mengapa memberi nama komunitas ini ”halal corner” ?

Agar lebih ringan dan mudah diingat di telinga para saudara seiman dan tentu saja komunitas ini,terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung didalamnya, yang sama-sama peduli tentang hukum kehalalan.

Menurut Aisha sendiri sebagai founder, definisi halal itu seperti apa ?

Halal adalah sesuatu hal yang dibolehkan oleh agama dan aman untuk dunia akhirat.

Apa visi dan misi dari dibentuknya komunitas ini ?

Mengedukasi , Informasi dan konsultasi tentang segala hal produk Halal.

IMG-20130102-WA002#halalbeautyclass

cooking1

#halalcookingclass

kajian5

#kajian

umroh2

#halalcornerumrah

 

Di dalam komunitas ini, ada kegiatan apa saja ?

1. Halal Cooking Class

2. Halal Beauty Class

3. Halal Corner Umrah

4. Kajian, Seminar danTalkshow

5. Insya Allah Training bagi Penggiat Halal Corner

6. Forum Halal Corner

IMG-20130102-WA005

Hingga saat ini sudah ada berapa anggota ”Halal Corner” dan darimana sajakah ?

Untuk anggota tidak resmi sudah lebih dari 1000 orang, follower di twitter pun sudah lebih dari 55.000 orang, dari dalam dan luar negeri dan dari Sabang hingga Merauke.

Apa perbedaan komunitas ini dengan yang lainnya yang sudah kita ketahui banyak bermunculan komunitas muslimah sekarang ini ?

Komunitas kami hanya berfokus pada hal Kehalalan, dan anggotanya tidak hanya muslimah saja POLITE people, tetapi dari berbagai kalangan pun ada disini.

Sejauh ini kegiatan apa saja yang sudah diadakan oleh ”halal corner” ?

Kegiatan yang sudah kami lakukan sudah banyak sekali, terutama seminar dan talkshow.Selain itu ada juga kegiatan ke majelis ta’lim, ke sekolah-sekolah, dan banyak lagi. Itu semua kami adakan untuk mengedukasi masyarakat tentang issue Halal tersebut.Dan melalui media online pun kami lakukan untuk selalu berdakwah, yang insya Allah meluruskan keraguan-keraguan yang ada di hati kalian.

Bagaimana caranya bila kita ingin terlibat aktif dalam komunitas ini ?

Caranya mudah koo.. Bisa dengan menginformasikan kepada kami jika sedang makan misalnya di Rumah Makan atau Restoran yang sudah bersertifikat halal MUI, dengan check in pada foursquare dengan menghubungkan ke akun twitter kami yaitu @halal corner, dan langsung akan kami sebarkan melalui akun kami tersebut. Bisa juga dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh Halal Corner.

Apa suka dan duka dalam menjalankan komunitas ”halal corner” sampai saat ini ?

Mungkin lebih banyak bersyukur untuk sukanya, karena semakin banyak masyarakat yang peduli dengan Halal. Untuk dukanya, karena masih ada saja yang berfikir negatif dengan komunitas kami ini.

 Adakah rencana terdekat yang akan diadakan ”halal corner” ini ?

InsyaAllah di bulan Februari 2013 besok,kami akan mengadakan kajian Forum Halal Corner

Apa impian Aisha sebagai founder atas komunitas ini untuk kedepannya ?

Impian terbesar kami dapat membesarkan komunitas ini lebih besar dan luas lagi, begitu juga dengan kekerabatan semoga lebih terjalin di tim dan anggota komunitas ini, dan juga semoga lebih banyak masyarakat yang lebih peduli dengan HALAL.

 Apa pesan dari komunitas ”halal corner” ini untuk POLITE people diluar sana ?

Simple saja. Coba selalu perhatikan makanan atau minuman yang kita konsumsi, karena makanan atau minuman akan berpengaruh pada tingkah laku kita loh POLITE people, pastikan makanan atau minuman yang kita konsumsi itu halal dan thoyyib yaa, agar Allah ridho selalu dengan kita.

Tuh POLITE people, ternyata memang kita harus lebih banyak terbuka tentang suatu hal “HALAL” ini. Karena masalah halal atau tidaknya sebuah produk tersebut itu dapat sangat membahayakan kita nantinya, jadi jangan  pernah menganggap simple urusan ini, karena bila kita menggunakan sebuah produk yang tidak halal, bisa menjadi boomerang bagi diri kita sendiri. Maka dari itu, marilah kita sadar dan peduli tentang hukum “HALAL”.

Halal atau tidak membaca berita ini ? Tentu saja ini halal. Dan mudah-mudahan dapat menjadi amal ibadah untukmu di akhirat nanti. Wassalam J

FOR MORE INFO :

Twitter : @halalcorner

FB & group facebook : Halal Corner

Website : www.myhalalcorner.com

CP : Aisha Maharani  (0818-0581-4488) dan Yusi

Sekretariat : PerumSeruni, Jl. Seruni Raya I No. 5, Tanah Baru, Bogor 16156

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s