Fayathullah Andika Bhayangkari – Videographer

Assalammu’alaikum wr wb.

Hallo POLITE people yang dirahmati Allah, semoga kita selalu berada dalam lindunganNya dan tidak lupa untuk mengucapkan rasa syukur kita setiap harinya kepada Allah yang sudah sangat baik memberikan kebahagian sampai saat ini. Bahagia itu sederhana POLITE people, tidak susah kok untuk bahagia. Seperti salah satu teman kita yaitu Fayathullah Andika Bhayangkari yang hobinya adalah hang out bersama teman-teman. Menurut dia, berkumpul bersama teman-teman tersayang itu adalah sesuatu yang simple tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan kebahagian itu. Yup! Benar loh POLITE people, teman memang bisa membuat segalanya lebih baik. Fayatullah Andhika Bhayangkari biasa dipanggil Fafa ini begitu mencintai teman-temannya sampai hampir seluruh film pendeknya semua bertemakan tentang persahabatan. Hmm.. POLITE people pasti ingin lebih tahu tentang karya-karya filmnya, mari kita cari tahu tentang Fafa, Film, Persahabatan dan Hijabnya🙂

IMG-20121219-WA001

Assalammu’alaikum Fafaa.. lagi sibuk apa nih sekarang ?

Waalaikumsalam.. Hallooo POLITE people…  Sekarang cuma lagi sibuk kuliah dan kumpul bareng teman-teman aja. Karena baru saja beres keisengan bikin film pendeknya, hehe.. Jadi lagi puas-puasin main sama teman-teman.

Kalau boleh tahu, sejak kapan kamu mulai sering bikin film-film pendek ?

Kalau untuk mulai serius belajar dan berkarya di film pendek sih baru-baru ini pas kuliah. Awalnya sih dari kesukaan saya dengan dunia fotografi saat SMA, dari fotografi itu ada beberapa teman yang minta dibuatkan slide show foto atau stopmotion untuk hadiah ulang tahun pacar, teman atau keluarganya. Dari situ di tahun 2010, saya mulai peka sama pembuatan narasi-narasi tapi sama sekali tujuannya bukan untuk narasi film. Hanya sekedar curhat-curhatan tentang perasaan resah dan gelisah yang tidak bisa saya curahkan ke siapa-siapa jadi dituanginnya lewat narasi. Hehehe..

IMG-20121219-WA002

Awalnya kenapa bisa sampai terjun ke dunia videografi ini ?

Awalnya itu dari keisengan saya yang gemar posting tulisan saya di tumblr. Tidak lama ada follower yang mana dia adalah videographer juga meminta saya untuk membuat basic story dari salah satu narasi yang saya post tersebut. Darisitu mulai mendalami dunia videografi, belajar software-software yang menyangkut dengan videografi sampai mencari-cari referensi lewat youtube. Sampai akhirnya di akhir tahun 2011 saya diajak oleh orang-orang profesional di bidang videografi ini untuk membuat film pendek sebagai sutradara dengan kondisi saya yang belum mahir seperti mereka. Tapi disini entah kenapa saya merasa yakin dengan proyek ini, walaupun awalnya saya merasa terbebani sekali. Dan ketika keraguan itu berkumpul di pikiran saya, salah satu teman terdekat  saya memberi wejangan “this your time Fa!”. Saya pun langsung yakin saya bisa menguasai bidang ini, dan mulai menyukai dan mempelajari terus dunia videografi.

Apa judul film pendek yang baru-baru ini kamu rilis ?

WE CALLED IT WORLD!😀

wecalleditworld

Boleh kasih tahu cerita singkat dari film itu tentang apa ?

Film itu tentang persahabatan yang sebenarnya dianggap sakral dan tidak bisa terbayar atau tergantikan oleh apapun. Akan tetapi karena di dunia ini apapun bisa terjadi, maka persahabatan itu bisa terurai dengan mudah hanya karena salah satu pihak terjebak dengan keadaan, yaitu ‘dunia percintaanya’. Padahal dunia percintaan yang diagung-agungkannya itu sebenarnya salah karena mereka berbeda. Lalu sahabatnya tersebut hanya bisa mengingatkan kalau apa yang dilakukannya adalah salah, namun dia abaikan karena rasa cinta dan kasih sayang. Penasaran lagi ? Mau tahu selanjutnya ? Nonton sajaaa😀

Sudah ada berapa karya film pendek yang kamu buat sampai sekarang ?

Film pendek yang sudah resmi ada 3 buah film, yaitu :

“Unpredictable” : http://www.youtube.com/watch?v=kqPokB06Pls

“Yes We Are” : http://www.youtube.com/watch?v=tAj8MOyVvFc

“We Called It World” : http://www.youtube.com/watch?v=33yfX_SjAaQ

Selamat menikmati🙂

Hal apakah yang membuat kamu selalu termotivasi untuk belajar dan berkarya terus ?

Motivasi apa yaa.. mungkin bukan motivasi, buat saya kalau belajar itu membuat sesuatu yang saya karyakan menjadi lebih mudah. Yang jelas, apapun yang saya kerjakan harus dari hati, soalnya saya tidak akan belajar dan berkarya jika tidak “kehatian” , jadi lakukanlah yang bisa membuat hati kita senang menjalaninya.

Sebagian besar film yang sudah kamu buat itu penulis ceritanya adalah kamu, biasanya terinspirasi dari hal apa saja ? dan mengapa ?

Kalau inspirasi sih yaa sebenarnya itu dari apa yang sudah saya alami, tim saya sih bilangnya “Karyanya si fafa mah proyekan hati”, maksudnya itu adalah karya hasil dari curahan hati pribadi, hehehe.. Kalau ditanya kenapa, ya karena saya bisa benar-benar merasakan feelnya saja bagaimana.

IMG-20121219-WA007

Mari kita bahas seputar kamu dan hijab, sejak kapan mulai pakai kerudung ?

SMP. Awalnya sih disuruh orang tua, karena orang tua saya agamanya sangat kuat. Tapi lambat laun saya tahu berhijab itu apa, keafdholannya bagaimana dan tentunya hikmah dari berhijab. Dari situ saya mulai pakai hijab dari hati. Alhamdulillah..

Sempat tidak ada perasaan menyesal atau justru bersyukur karena sudah disuruh orang tua kamu untuk menutup aurat sedari dini ?

Menyesal sih Alhamdulillah sama sekali tidak pernah. Kalau bersyukur sudah pasti.. karena saat dewasa saya tahu hukum-hukumnya dari Al-Qur’an muslimah yang tidak berhijab diberlakukan hukum yang seperti apa dari Allah.

Apa arti dan fungsi hijab bagi diri kamu sendiri ?

Kalau arti jujur saya tidak tau. Tapi hijab itu bisa mensimbolkan tanpa saya bilang kalau saya adalah orang muslim. Fungsinya banyak sekali POLITE people, Subhanallah.. seperti bisa menutup aurat hanya dengan seperti itu lalu mendapat pahala, orang-orang bisa lebih sopan menghadapi orang-orang yang berhijab dibandingkan dengan yang tidak, simplenya lagi kalau hujan kepala tidak mudah pusing karena tidak langsung ke kepala tapi ke hijabnya dulu, hehe.. banyak deh pokonya.

Apa mimpi terbesar kamu untuk ke depannya ?

Ingin sekali punya production house dan post production sendiri. Lalu hidup bahagia sampai tua, kaya raya dan meninggal masuk surga. Hahaha.. aamiin J

Sekarang saya kasih tantangan ya.. Misalkan kamu diminta untuk membuat film pendek yang target pasarnya adalah para muslimah, film seperti apa yang akan kamu angkat, dan apa pesannya ?

Mungkin lebih ke perihal memberikan kabar buruk bagi orang-orang yang belum berhijab. Akan tetapi penyampaiannya mungkin dari perbandingan kegiatan atau rutinitas sehari-hari dengan memakai hijab, lalu dikasih perbandingan kelebihan dan kekurangannya memakai hijab dan tidak, dan berakhir dengan perbandingan di akhirat nanti. Judulnya mungkin saya bakal kasih “One of The Letters”, karena pakai hijab itu benar-benar pesan dari Allah loh POLITE people, dan itu merupakan tiket masuk untuk menuju pintu surga. Kalau tidak ada tiketnya bagaimana kita bisa masuk surga ?🙂

Bagaimana POLITE people ? Merinding bukan membayangkan film itu seperti apa kalau benar-benar dibuat. Mudah-mudahan Fafa bisa merealisasikannya juga ya sebuah film untuk para muslimah di Indonesia bahkan siapa tahu di dunia, Aamiin..

Ternyata walaupun terbilang cukup baru Fafa berkecimpung di dunia videografi ini, namun jika dengan niat dan keyakinan untuk belajar dan berkarya, segalanya pasti akan berjalan sempurna dan bahkan lebih dari yang kita impikan. Muslimah kelahiran 5 Oktober 1990 ini telah membuktikannya. Selama kita melakukan segala sesuatunya dengan hati, insya Allah barokah untuk kita dan orang-orang sekitar.

Hey POLITE people, let’s show it to the world !😀

Wassalam..

For more info : ( @ffandari )

Tinggalkan Balasan

