B.U.L.B (BARUDAK URBAN LIGHTS BANDUNG)

 logo-bulb

“Ketika cahaya menjadi kuas, udara menjadi canvas dan kamera menjadi media”

Assalamm’ualaikum POLITE people..

Pasti pada bingung ya sama kalimat awal di atas ? Tadi itu merupakan tagline dari salah satu komunitas fotografi di Bandung POLITE people. Nama komunitasnya adalah BULB. Apa itu BULB ? Apa yang membuat komunitas ini berbeda dengan komunitas fotografi lainnya ? Tenang POLITE people, karena kali ini kita mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Anka, Humas dari komunitas ini. Mau tahu isi perbincangan kita ? Yuk! Langsung saja simak bincang-bincang kami di pagi hari itu.

Apa itu BULB ?

            BULB itu singkatan dari Barudak Urban Lights Bandung. BULB juga pada umumnya dikaitkan dengan lampu bohlam, selain itu BULB juga adalah nama teknik di kamera dalam memotret low speed. Jadi komunitas BULB ini merupakan komunitas melukis dengan cahaya menggunakan percampuran 3 seni, yaitu fotografi, lighting dan graffity.

Sejak kapan komunitas ini didirikan ?

            Tepat pada tanggal 6 November 2010

Siapa pencetus awal dari komunitas ini dan bagaimana ceritanya hingga memutuskan untuk mendirikan komunitas BULB ini ?

            Singkatnya, Haikal (ketua) dan Hendy (Wakil) dan saya (Management) berkumpul dan membentuk komunitas ini yang pada saat itu belum mempunyai nama resmi. Awalnya kita terkena influence dari komunitas sejenis di Jakarta dan di luar Indonesia. Melihat hal itu akan menjadi hal baru dan unik di sini, lalu kita sering mengadakan hunting-hunting dari yang awalnya hanya kita-kita saja hingga akhirnya mengajak teman-teman dan yang lainnya. Akhirnya semakin banyak yang berpartisipasi, kita pun berpikir inilah saatnya kita untuk memberi nama di komunitas ini, akhirnya ketemulah BULB, nama yang dicetuskan oleh Bobby.

foto-grup

Apa visi dan misi dari dibentuknya komunitas ini ?

            Pada awalnya tujuan kita membentuk komunitas ini jelas untuk mewadahi oranng-orang yang suka dan tertarik dengan seni light graft ini, sampai akhirnya kita mempunyai beberapa program rutin yang kita adakan sampai sekarang. Tujuannya adalah agar kita dapat berkegiatan positif di malam hari dan menghilangkan Bandung yang identik dengan kriminal di malam hari dengan gank motor dan lain-lainnya. Dengan cara kita mengajak mereka-mereka itu tadi berkegiatan positif di malam hari bersama BULB. Maka dari itu, kita suka pakai lokasi foto di taman, selain enak dari latar, dan untuk aktivasi taman kota di malam hari. Kasarnya, taman kota di Bandung pada malam hari jangan dipakai untuk yang “macem-macem”. Hehehe

Tolong jelaskan dong, program-program rutin yang diadakan BULB ini..

            Kalau yang rutin itu kita mengadakan hunting setiap 2 minggu sekali pada hari Jumat malam, tempatnya di taman-taman kota yang ada di Bandung, taman yang paling sering digunakan itu di Taman Ganesha. Lalu ada LOTRE (Light On The Road Expressive). LOTRE ini sebetulnya hampir sama dengan hunting, hanya terdapat perbedaan pada tempat, di sini kita mengunjungi ke SMA-SMA atau ke kampus-kampus. Selain itu, ada juga EDUKASI, itu lebih ke isi untuk undangan seminar seperti workshop, booth information, dan lain-lainnya yang berupa edukasi light art. Kalau untuk yang tidak rutinnya, kita ada Bulb Extreme yaitu hunting ke tempat-tempat yang cukup extreme dan memang jumlahnya tidak seramai biasanya. Tempat-tempatnya seperti di Jembatan layang jam 00.00 atau di kuburan China, dan lain-lain.

522829_367740803275545_1855162407_n

Ada tidak pengalaman seru bersama BULB ini yang tidak terlupakan ?

            Mungkin saat kita melakukan aktivitas bermain bersama. Seperti waktu itu kita pernah bermain billiard di salah satu tempat di Kota Bandung, tapi kita bikin bermain billiard disini berbeda. Dengan syarat, wajib pakai sepatu futsal, kaos kaki futsal, baju futsal, pokonya stellan mau futsal saja bagaimana, hahaha.. ya seru-seruan..

Sampai saat ini sudah ada berapa anggota kalian ?

            Yang resmi (kartu anggota) sekitar 40-50 orang. Anggotanya beragam, dari SMP, mahasiswa, photographer, dokter juga ada. Dan buat POLITE people yang berhijab juga jangan malu-malu untuk gabung di komunitas ini, banyak juga para muslimah yang ikut bergabung hunting-hunting bareng kita loh..

391981_269755966407363_1780698012_n

dsc4208

Adakah ketentuan khusus untuk bergabung di komunitas ini ? Dan apakah harus memiliki kamera ?

            Kalau mau ikutan sebetulnya mudah, tinggal kalian dateng saja saat kegiatan hunting atau lainnya. Semakin sering kalian dateng ikut hunting baru deh nanti dapet kartu anggota BULB. Dan  tidak harus memiliki kamera loh POLITE people, ya kalau punya mangga dibawa dengan tripodnya sekalian, kalau tidak ada hanya pakai senter-senter juga bisa ko menghasilkan foto yang bagus.

Apa perbedaan komunitas ini dengan komunitas fotografi lainnya ?

            Perbedaannya mungkin dari penggunaan percampuran 3 seni yang menghasilkan seni blasteran pada light graftnya. Sehingga hal ini menjadi pembeda dengan komunitas lainnya, yang tentunya komunitas lain pun pasti punya pembedanya masing-masing. Hanya kalau di Bandung sendiri, komunitas pertama dan terbesar tentang light graft ya BULB ini.

Apa impian kamu pribadi untuk komunitas ini kedepannya ?

            Kalo impian pribadi, semoga komunitas BULB ini semakin maju untuk memberikan pengaruh positif yang bisa dirasakan masyarakat lainnya seperti trend positif kegiatan di malam hari. Selain itu, karena komunitas ini jelas terdapat nama kota Bandungnya, jadi kita ingin sekali menjadi bagian untuk merealisasikan tulisan “Bandung Creativity Emerging City” yang adanya di depan Taman Dago.  Dan semoga komunitas ini bisa menjadi ruang ekpresi diri bagi setiap anggota-anggotanya hingga mencapi klimaks kreatif masing-masing anggota. Aamiin..

Terakhir, ada tidak pesan yang ingin disampaikan dari komunitas BULB untuk POLITE people yang menyukai segala hal tentang fotografi ?

            Pesannya kita mengutip saja dari salah satu dialog film Kambing Jantan, “di dunia ini ngga ada tempat gelap, yang ada hanyalah kekurangan cahaya”. Itu artinya, jangan pernah takut dengan kegelapan, karena kita bisa berkreasi dengan kreatif di dalam kegelapan yaitu di malam hari. Dan mari kita jadikan Bandung sebagai kota kreatif dengan mengekspresikan diri kita dalam kegiatan yang positif.

Bagaimana POLITE people ? Tertarik dengan komunitas yang satu ini ? Komunitas yang selalu bercahaya di dalam kegelapan! Hahaha.. Siapa tahu selain kita menghasilkan foto yang Subhanallah bagus karena cahayanya, kita juga dapat ikut bersinar dan bercahaya di Bandung bahkan di dunia. Tidak ada yang tidak mungkin kan POLITE people..

Wassalamualaikum J

For more info :

ID TWITTER : @BULB_bandung

Facebook : B.U.L.B (Barudak Urban Lights Bandung)

Youtube : bulbmodeon

Website : bulbmodeon.net

Contact Person : Anka 0852-2235-0017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s