Yuyu Yulia – D’SAS Band Vocalist

Assalamu’alaikum POLITE people..

Bagaimana hari kalian ? Semoga hari-hari kalian selalu lebih indah dari sebelumnya yaa.. Bagaimana kegiatan akhir tahun ini? Mudah-mudahan semakin seru.. Untuk beberapa orang banyak juga yang stress menyambut pergantian tahun karena mengisi kegiatan di akhir tahunnya dengan setumpuk pekerjaan yang harus beres, kejar deadline. Tapi kita harus tetap semangat ya POLITE people, seperti wanita 21 Tahun yang satu ini, yang selalu semangat mengisi hari-harinya dengan kegiatan komunitas GREAT MUSLIMAH, hobi mendesign juga, dan di akhir bulan ini sedang sibuk-sibuknya manggung sana-sini bersama bandnya. Yup! Dia adalah Yuyu Yulia, salah satu personil band D’SAS. Kebetulan, di hari Sabtu/08 Desember 2012 kita berkesempatan untuk mengendorse vocalis yang sempat berkuliah di Jurusan Seni Tari – STSI ini saat akan perform di acara EGFC – UPI Bandung. Kita cari tahu lebih dalam tentang kegiatan sehari-harinya dan kisah hijabnya yuuuk..

Sukasari-20121208-02109Sukasari-20121208-02108

                Kegiatan kamu sehari-harinya apa aja ?

                Sibuk mengisi hari-hari di komunitas GREAT MUSLIMAH sama sibuk nyanyi saja paling.

Mulai muncul PD untuk bernyanyi kapan kira-kira ?

                Sebenernya mulai nyanyi-nyanyi dari SMP, Cuma mulai PD itu SMA, semenjak sudah mulai membentuk band, setelah itu baru nyanyinya diseriusin sampai sekarang.

C360_2012-11-05-19-16-51

Ceritakan secara singkat tentang kamu dan D’SAS …

                Main band dari kelas 2 SMA, awalnya iseng ingin membentuk band. Awalnya berempat, ada aku (vocalist), Tegar (guitarist), Fahri (bassist) dan Opik (guitarist). Awalnya nama bandnya “Lemon Tea”. Tidak lama dari situ kita mencari personil lain untuk melengkapi sampai akhirnya ketemu dan terbentuklah D’SAS dengan aliran “Groovy-Pop-Jazzy”. Sampai sekarang kita sudah beberapa kali ganti-ganti personil, dan sekarang kami bertujuh ada Rizky (Vocalist), aku (Vocalist), Tegar (Guitarist), Idur (Guitaris 2), Fahri (Bassist), Dovy (keyboardist) dan Iam (drummer).

155902_4102319323495_541899441_n

Hmm, tau tidak kenapa namanya D’SAS ?

                Hmmm, apa yaa jadi bingung jawabnya. Hahaha.. Jadi begini, awalnya kita bikin band ini sering di fasilitasi sama Papahnya Tegar, guitarist kita tadi. Papahnya ini namanya Djoko Sasmito. Kalau kita mau main band selalu disedikan kendaraan, alat-alat latihan di rumahnya, dan memang rumah Tegar ini kita jadikan basecamp kita. Sampe plat mobil juga D 545 loh. Hehe.. Pas kita lagi cari-cari nama buat band kita, keingetan D’SAS itu tadi dari nama Papahnya Tegar, jadi ya terbentuklah nama D’SAS. Simple story J

                Sampai sekarang sudah ada berapa lagu dan mana yang ciptaan kamu Yu ?

                Sampai sekarang sudah  lebih dari 5 lagu kita ciptakan, tapi yang sudah jadi track baru 2, ada lagu “Andaikan” sama “Katakan Padaku”. Bisa di download di www.reverbnation.com/dsasmusician.  Lagu yang “Andaikan” ini ciptaan aku sama Tegar. Lagunya untuk orang yang berharap, Hehehe..Dengerin ya POLITE people

Sekarang mau nanya seputar kisah kasih hijabnya. Sejak kapan kamu mulai berhijab ?

kickfest7

                Kalau pakai kerudung baru-baru ini 2012. Pertama-tama di bulan puasa aku sudah coba-coba mulai pakai kerudung, terus sampai besok-besoknya sudah tidak mau dilepas, akhirnya sampai sekarang Alhamdulillah jadi pakai kerudung.

Apa sih pendapat orang-orang sekitar kamu saat tahu kamu memutuskan untuk berhijab ?

Alhamdulillah dari pertama kali berhijab respon orang-orang di sekitar aku baik, orang-orang mendukung dari mulai keluarga, teman-teman dekat, pertama aku tampil menggunakan hijab juga Alhamdulillah responnya baik semua, tidak ada respon negatifnya.

Apa pengaruh terhadap karier kamu setelah menggunakan hijab ? Terutama karier kamu dalam band.

                Pengaruhnya mungkin dari pendapat orang-orang menilai band kita. Kalau dulu pujiannya  semacam “Waah bagus ya D’SAS, suara vocalisnya dua-duanya berkarakter banget.” Tapi sekarang lain lagi pujiannya, kaya waktu itu aku dapet pujian Alhamdulillah kaya gini misalnya, “Waah keren yah vocalis band yang cewenya berhijab”. Aku pribadi jadi senang sekali, setidaknya bisa jadi inspirasi buat perempuan muslimah yang berhijab yang suka nyanyi juga. Terus sekarang mendapat profesi lain yang dari dulu tidak kebayang untuk jadi Model. Hahaha.. Sekarang Alhamdulillah banyak tawaran untuk foto brand-brand muslimah di Bandung, padahal bakat awalnya cuma dari suka foto aja. Alhamdulillah banyak berkah.

Sekarang sebenarnya masih ada saja yang comment negativemelihat band dengan vocalis yang pakai kerudung, apa pendapat kamu menanggapi yang seperti itu ?

                Hahahaaa.. Iya nih pernah, jadi waktu itu sempat tampil di salah satu kampus di Bandung. Saat di acara itu banyak juga pria-pria setempat yang nonton, kebetulan kalo di kampus itu tuh kebanyakan mereka yang suka aliran metal, rock. Aku sempat dibicarakan saat pertama datang, ya seperti “Assalamulalikum bu hajiii..blablabla” Waah itu bener-bener yang menjatuhkan mental sekali, karena kebetulan saat tampil di situ adalah penampilan pertama setelah aku menggunakan hijab. Jadi, pembawaannya masih canggung karena seperti pertama tampil lagi. “Masih ada tidak yah, yang mau menerima band ini setelah aku pake hijab?”, begitu saja terus pikiran aku pada saat itu. Tapi setelah aku dapat job untuk tampil lagi di tempat lain, aku mulai mencoba lagi, aku coba untuk tidak terlalu menanggapi yang seperti tadi itu, mulai membangun PD lagi. Akhirnya Alhamdulillah responnya sangat baik ternyata, ternyata tidak ada masalah. Selama kita melakukannya pakai hati, PD dan tidak terlalu memikirkan kata-kata orang diluar sana semuanya bakal berjalan dengan baik koo..

Setelah menggunakan hijab, ada tidak batasan-batasan dalam kamu tampilbersama band, karena kebetulan partner nyanyinya laki-laiki kan yah.. ?

                Iyaah.. Mmm, apa yaa.. mungkin kalau dulukan saat tampil biar kita bisa lebih membawa suasana penonton, saat kita nyanyi lagu apa misalnya, yaa kita pegangan tangan. Sekarang setelah berhijab, tidak ada adegan-adegan seperti itu, karena dengan tidak seperti adegan itu juga tetap bisa ko dapat suasana. Itu aja sih paling batesannya.

Bicara hobi, selain nyanyi, ternyata kamu juga suka mendesain. Ceritakan doong..

                Sebenarnya itu mengalir dengan sendirinya. Memang basicnya dari dulu suka gambar saja, seiring berjalannya waktu untuk mengasah skill lagi, akhirnya dicoba belajar terus menerus, akhirnya dapat passionnya di mana. Paling suka mendesain kebaya, aku suka kebaya soalnya. Kenapa  aku suka desain ? Karena aku merasa enjoy setelah mendesain apapun. Tapi aku mendesain masih sesuai mood saja,  kalau moodnya sedang bagus, aku langsung mendesain. Biasanya mood untuk mendesain itu muncul di malam hari. Waah asik deh..

Yuyu yulia _ GEELY'S HOUSE B-) _ @geelyshouse

Terakhir, cita-cita kamu untuk kedepannya apa ?

                Karena kecil bercita-cita jadi penyanyi, sekarang tinggal difokuskan dan terus belajar, semoga bisa menjadi penyanyi yang hebat dan menginspirasi muslimah lainnya. Aamiin.. Doakan yaah POLITE people..

Aamiin.. POLITE people pasti doakan dong Yuu…

Gimana POLITE people ? Berminat untuk menjadi vocalist yang berhijab ? Hehe.. Kenapa tidak looh.. Ternyata band dengan vocalist berhijab responnya baik-baik saja tuh, malah untuk sekarang orang-orang banyak yang antusias melihat wanita berhijab yang bisa semakin melanglangbuana. Ayoo kamu juga pasti bisa, POLITE people !

Eitss, tapi ingat yaah..Selalu jaga batasan syariat agama kita.. Yakin lah, Islam “membatasi “ setiap ruang gerak muslimah, untuk menjaga kehormatan muslimah itu sendiri..

Keep dreaming, POLITE people.. Wassalam🙂

INFO :

ID TWITTER : @yuliaDsas

Contact Personal D’SAS : DHINIE (083820774627) / @DSASmusician

Fanpage Facebook : D’sas

For website D’SAS : www.reverbnation.com/dsasmusician

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s