“Beruang Matahari” Community

BERUANG MATAHARI

“Komunitas yang peduli anak yatim”

beruang - Copy

 

Assalamualaikum POLITE people..

Semoga pada hari ini kita diberikan hari yang luar biasa indah, barokah, dan penuh berkah bagi kita semua. Aamiin.. Dan jangan lupa bersedekah yaa POLITE people, alangkah lebih baik kita dapat menyisihkan sebagian rezeki kita untuk mereka yang kurang beruntung. Seperti komunitas yang satu ini POLITE people. Namanya “Beruang Matahari”, mereka adalah suatu komunitas sosial yang sangat peduli kepada anak-anak yatim. Pasti POLITE people pada penasaran deh sama arti dan komunitas “Beruang Matahari” ini. Yuk langsung aja kita tanya-tanya sama Aline Rivania yang mana dia adalah anggota dan termasuk pendiri komunitas ini juga loh..

beruang2 - Copy

“Beruang Matahari” tuh apa sih ?

                Beruang matahari itu adalah komunitas anak-anak muda yang peduli terhadap anak-anak yatim. Kita biasanya mengadakan kegiatan sambil bantu nyumbang apapun termasuk donasi uang, baju, buku, tenaga dll.

Kenapa namanya “Beruang Matahari” ?

                Hahahaa.. apa yaa.. Jadi awalnya tuh mencari sosok yang menarik dan lucu tapi kuat, pertamanya sih itu. Terus kita semua cari-cari nama apa aja yang cocok, akhirnya kita semua sepakat untuk mengambil nama “Beruang Matahari” ini. Jadi Beruang Matahari ini sebenarnya adalah jenis Beruang dari Indonesia, dimana si beruang jenis ini adalah tipe beruang yang benar-benar mengayomi, melindungi anak kandungnya sampe mereka dewasa dan bisa survive sendiri lalu baru dilepas. Nah kita juga filosofinya seperti itu, ingin mengayomi mereka, walaupun mereka bukan anak-anak kandung kita, bisa dibilang hanya adik asuh, tapi kita ingin mengayomi mereka hingga mereka besar , bisa berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Sejak kapan komunitas “Beruang Matahari” didirikan ? Bagaimana awal mula cerita terbentuknya komunitas ini …?

                Sebenarnya awalnya dari acara reuni SDPN Sabang, tepatnya sih kita semua dari kelas 6 A Angkatan ’99 kalo ngga salah,hahaha.. Nah dari situ kita kumpul-kumpul lagi pas buka puasa bersama, bulan Ramadhan kemarin (bulan September). Buka puasa bersama anak-anak yatim, karena kan udah banyak nih dari kita yang udah punya penghasilan sendiri, nah kita pengen sambil bagi-bagi dari sebagian penghasilan kita, sambil bikin acara sosial yang seru juga. Pertama kali acara ini diadakan itu di Panti Asuhan Alfin, Sukajadi – Bandung. Mulai dari sana, ada yang mengusulkan untuk menjadikan acaranya rutin diselenggarakan. Akhirnya Alhamdulillah setiap sebulan sekali kita buat acara ini.

Pencetus awal komunitas ini siapa ?

                Awalnya tuh dari Mirna yang ingin membuat acara buka puasa bersama di Panti Asuhan. Lalu salah satu teman kita yaitu Reza ngusulin “Gimana kalo jadi tiap bulan?”. Akhirnya kita berdiskusi dengan anak-anak yang lainnya. “Pasukan” yang pada awalnya cuma 9an orang ini akhirnya setuju. Akhirnya terbentuk lah sebuah komunitas sosial ini, dan kita pun mulai mengajak orang lagi diluar anggota kelas 6 A tadi.

beruuu - Copy

Apakah visi dan misi komunitas “Beruang Matahari” ?

                Kalo visinya, kita ingin membuat anak-anak yatim di masa depannya mempunyai keahlian selain dari pendidikan formal saja. Sebagian anak-anak yatim mungkin ada yang disekolahkan oleh pantinya tapi juga ada yang tidak dapat kesempatan bersekolah tadi. Nah kita ingin semua anak-anak yatim baik yang mendapat pendidikan formal ataupun tidak, mereka bisa mempunyai keahlian yang bisa berguna nantinya untuk diri sendiri. Demi mencapai visi tersebut, terbentuklah beberapa misi dari komunitas kita ini. Seperti dengan cara mengajak sebanyak-banyaknya orang dan komunitas lain yang masih peduli untuk memfasilitasi tujuan jangka panjang kita. Pokoknya kegiatan kita pada intinya adalah memberi donasi dalam bentuk aktivitas, misalnya mengadakan suatu kegiatan berjangka untuk mendidik mereka dalam suatu bidang tertentu, misalnya menggambar, public speaking, membuat karya tulis dll, agar untuk kedepannya mereka bisa mendapat manfaat dari apa yang kita ajarkan. Intinya sih sharing ke sesama, kita sebagai orang yang punya “lebih”, mungkin sebagian dari uang jajan kita yang seberapa dapat kita alokasikan buat mereka yang membutuhkan. Yang penting sih kita memberi pehartian dan mereka menerimanya.

Disini ada kegiatan apa aja sih ?

beruang4 - Copy

beruberuang6 - Copy               

Kegiatan rutinnya itu sebulan sekali, dan biasanya berjangka selama 6 Bulan di tempat yang sama. Pertama kali kita bikin acara ini di Panti Asuhan Alfin – Sukajadi Bandung, dan yang sekarang kita sudah keempat kalinya bikin acara di Panti Asuhan yang kebetulan belum ada namanya karena memang terpencil sekali, pokoknya berada di daerah Hegarmanah – Bandung. Nah setiap sebulan sekali kita milih seksi acaranya untuk menentukan tema acaranya, jadi setiap bulan itu kita punya tema untuk fokus terhadap materi yang kita angkat setiap bulannya. Misalnya bulan November kemarin, materi kita adalah Public Speaking. Jadi kita mencari narasumber yang memang ahli di bidangnya, kemarin itu ada Banyu (ex announcer Ardan) yang memberi materi, setelah materi diberikan dan mereka mengerti, kita bikin lomba-lomba juga nih buat mereka dan tentunya ada hadiahnya. Tidak lupa juga setiap di akhir acara itu ditutup dengan makan bersama, dan pemberian donasi lainnya berupa uang, baju, dan buku ke pengurus panti asuhannya.

Nah tadikan katanya mulai mengajak orang-orang diluar kelas 6 A tadi, sampai sekarang sudah ada berapa sih anggota kalian ?                Kalau yang aktif hadir, mengajukan acara, dan mengkoordinir acaranya sih ada 15 orang. Yang lainnya sih baru hadir dan ikut membantu donasinya saja. Untuk followers twitter kita udah ada 191 orang sampai sekarang, terhitung cepet sih karena kita juga bikin account ttwitternya belum lama ini. Dan mudah-mudahan kedepannya bisa bertambah lagi. Aamiin

Apa  syarat dan ketentuan untuk masuk komunitas ini?

                Tidak ada, siapa aja yang mau, siapa aja yang masih peduli, bisa langsung menghubungi kita via twitter @beruangmatahari , nanti kita bisa saling message untuk keterangan lebih lanjutnya.

Pengalaman seru dari kegiatan komunitas ini yang paling berkesan dan sulit dilupakan ?

                Nah yang serunya tuh ini loh POLITE people, dari bahasanya, karena kebanyakan kan dari pedalaman, jadi suka rooming. Hahaha… Kaya kemarin pas tema acaranya adalah Public Speaking, jadikan latihan berbicara, setelah dikasih materi ada pembagian kelompok yang nantinya mereka harus perform di depan teman-temannya. Nah kebetulan saya kebagian mendampingi kelompok yang umurnya SMP, ada 6 orang dan materinya tentang merokok. Terus browsing-browsing, lalu mereka bikin gambar, saya liat gambar mereka, ternyata mereka bikin gambar ada orang lagi merokok pake baju yang ada tulisan “No Smoking”. Nah saya asal ngomong memberi pendapat “Eh jangan kaya gitu, harusnya ‘Tong Udud!’”, terus mereka langsung ketawa-ketawa menyambut pendapat saya tadi yang berusaha menggunakan bahasa Sunda setau saya,hahaha… Karena kan memang kebanyakan anggota “Beruang Matahari” yang lain menggunakan Bahasa Indonesia, nah dengan saya berbicara seperti tadi tuh ternyata itu membuat mereka nyaman, jadi mereka merasa tidak asing dengan kita. Yaa saya ingin mereka akrab dengan saya, ya saya harus mencoba memasuki pergaulannya, saya coba ikutin bahasa mereka itu gimana. Jadi deh komunikasinya Sunda campur-campur, hehehee… Dan pada saat presentasi, yang mengejutkan adalah ketika si anak cowok yang bikin gambar tadi menutup performancenya dengan bilang “POKONA TONG NGUDUD NYAA!”, langsung deh semuanya pada ketawa-ketawa.

Apa kesulitan kalian dalam menjalani kegiatan di komunitas ini ?

                Kalau masalah donasi, Alhamdulillah banyak yang mau membantu, apalagi dengan adanya twitter banyak sekali yang mau membantu dari tenaga, baju dll. Untuk masalah internalnya sih, mungkin sulit untuk mengumpulkan para anggotanya untuk sekomplit pertama komunitas ini dibentuk, karena kan ada yang sibuk kerja, ya masalah waktulah. Untuk masalah dari anak pantinya adalah kadang mereka tuh jiwanya tidak seperti yang kita harapkan. Maksudnya gini, kita tuh kan bikin komunitas ini ingin memberi tidak hanya sumbangan yang seperti uang, baju, makanan dll. Tapi kita disini adalah memberi materi untuk mengasah skill mereka, selain perhatian. Cuma kadang ada beberapa kelompok yang tidak terbiasa dengan cara donasi kita yang seperti itu, mereka lebih pengen uangnya atau bantuannya aja mana. Nah tantangan kita sih disitu, kita ingin membentuk pola pikir mereka kalau “Ini nih ada yang lebih berharga daripada sekedar uang”. Jadi kita harus kenal sifat-sifat mereka itu bagaimana, harus selalu seru dan menariklah acaranya.

Kenapa sih yatim piatu ? Ngga gelandangan atau para lansia di Panti Jompo mungkin ?

                Oh untuk kesempatan itu sih pasti selalu terbuka, karena memang komunitas ini kan ada untuk membantu di luar sana yang kurang beruntung. Tapi untuk sekarang kita ingin lebih fokus dulu kepada anak-anak yatim, soalnya kita semua cinta anak-anak.

Impian kamu pribadi untuk komunitas ini kedepannya tuh apa sih ?

                Harapan besarnya sih ingin anak-anak panti ini tidak takut untuk bermimpi. Walaupun mereka punya keterbatasan, seperti tidak memiliki orangtua seperti kita, mereka harus semangat terus mengejar mimpinya, bisa terus seneng, mendapat perhatian yang layak, dan mendapat bantuan yang layak buat kedepannya nanti, biar bisa berdiri di kaki sendiri. Walaupun mereka tidak memiliki orangtua sejak kecil, tapi mereka masih bisa berdiri sendiri untuk menggapai cita-citanya.

Terakhir, pesan apa yang ingin disampaikan dari komunitas sosial “Beruang Matahari” ini untuk  POLITE people di luar sana ?

                Untuk kalian semuanya yang mempunyai lebih rezeki, apa salahnya sih kita memberi untuk membantu mereka yang lebih membutuhkan,  kalau kita memberi lebih, pasti akan diberi lebih juga.

Tuh POLITE people, ternyata diluar sana masih banyak kan yang tidak seberuntung kita. Jangan terlalu tenggelam dengan kegalauan kita sendiri yah, karena buktinya, masalah kita belum seberapa dibandingkan dengan yang di luar sana. Maka dari itu, jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah beri setiap harinya.

Gimana nih POLITE people, tertarik untuk gabung kedalam perut “Beruang Matahari” ini tidak ? Terutama untuk penyuka anak-anak kecil, pasti deh tergoda untuk gabung seru-seruan di komunitas ini. Seru-seruan sambil memperbanyak teman, dan tidak lupa ada nilai plus untuk bersedekahnya. Aaah.. Subhanallah sekali yah POLITE people komunitas yang dibentuk oleh anak-anak muda ini. Semoga mereka dan kita semua selalu diberi rezeki yang lebih jika kita selalu ingat untuk berbagi.  Salam manis untuk kalian POLITE people.. Wassalam

FOR INFO :

ID TWITTER : @beruangmatahari

CONTACT PERSON : MIRNA (0813 2167 7667)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s