Icca Chinantya – Motivasinger

Assalammu’alaikum polite people…

How’s your Monday? 

Semoga hari-hari mu tetap semangat..Ingat lah..Kita semua sebagai umat Muslim  ditugaskan untuk selalu produktif dan bermanfaat untuk orang lain. “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.”

Nah, kali ini kita akan berkenalan dengan seorang muslimah yang sudah dikenal sebagai motivasinger, Icca Chinantya. Silahkan disimak obrolan kami dengan Icca..Semoga menginspirasi…:-)

Hai Icca.. tolong ceritakan dong, bagaimana mulanya Icca bisa terjun ke dunia tarik suara? (Sejak kapan, dan kisah perjalanannya sampai bisa seperti sekarang ini?)
Icca mulai menggeluti bidang tarik suara kurang lebih satu tahun ini.  Awalnya Icca Alhamdulillah bisa main gitar dan coba ngulik-ngulik gitar sendiri, meyusun lagu sendiri dan Alhamdulillah terciptalah satu lagu yg berjudul “Hai wanita muslimah”
Apa Icca pernah menemukan kendala akibat pertentangan fiqih mengenai suara perempuan yang katanya adalah aurat?

Icca nyanyi dengan niat menyampaikan kebaikkan dalam bentuk lagu, semua orang, memang memiliki perbedaan pendapat, dan Icca yakin selama niatnya baik InsyaAllah dipermudah oleh Allah.

Sudah berapa lagu yang Icca buat, dan yang sudah dikeluarkan?
Alhamdulillah lagu yang sudah Icca buat sudah ada 9 lagu, tetapi yang baru dikeluarkan 3 lagu, yaitu “hai wanita muslimah, tataplah masa depan, dan nikmat beribadah”
Ceritakan dong, pengalaman yang paling berkesan selama Icca menjadi motivasinger..
Sebenarnya kepingin menjadi motivasinger itu untuk diri sendiri dulu. Sebelum Icca memotivasi orang lain, Icca ingin memotivasi diri sendiri dulu untuk lebih baik, karena apa yang kita dengar akan masuk ke otak dan akan teraplikasi ke perbuatan kita, jd kalo kita mendengarkan lagu-lagu berlirik positif, IinsyaAllah perbuatan kita akan positif juga.
Awalnya Icca menjadi Islamic Singer, nah setelah dipikir-pikir, kalo islamic singer identik hanya untuk orang Islam saja yg mendengarkan. Nah, Icca ingin lagu-lagu Icca didengar oleh semua rakyat indonesia dari berbagai suku dan agama. Jadi Icca memutuskan menjadi motivasinger, untuk memberi motivasi-motivasi dalam bentuk lagu untuk semua kalangan:)
 Bagaimana cara Icca membagi waktu antara profesi Icca sebagai dokter, motiva singer, dan anggota HC Bandung? 
Untuk membagi waktu pertama Icca harus menentukan prioritas dari semua kegiatan Icca. Nah priotiras Icca itu dokter, jadi pada saat sedang di rumah sakit dari pagi sampai sekitar jam 3 siang, Icca benar-benar fokus pada pelajaran dokter dan hp Icca setting silent untuk benar-benar fokus.
Setelah selesai bertugas di rumah sakit, saat di rumah itulah waktu untuk berkarya dan sharing dengan anak2-anak hijabers,,
Jadi intinya harus menggunakan waktu sebaik mungkin. Sering juga banyak tawaran job di saat sedang kerja di rumah sakit. Nah, jelas Iccatolak, karena harus menentukan prioritas. Biasanya Icca ambil job untuk nyanyi antara Sabtu atau Minggu.
Tolong ceritakan dong moment indah pada saat Icca memutuskan untuk mengenakan Hijab…:-)
Eehmmm jujur aja Icca baru menggunakan jilbab sekitar kurang lebih 2,5 tahun ini hehe,, Icca sekolah di SMUN 5 Bandung yg mana para perempuannya mayoritas tidak menggunakan jilbab, di saat Icca kuliah di UNJANI banyak sekali perempuan yg menggunakan jilbab, dari situ sharing dengan teman-teman yg sudah menggunakan jilbab, dari situ saya sering baca buku-buku tentang Islam. Nah, dari situ icca mulai tertarik dg jilbab. Waktu itu Icca bersama teman-teman kuliah yg belum berjilbab setiap hari jumat membuat program ” Berkerudung yuk…” Nah, dengan berjalannya waktu, terkumpul lah banyak baju panjang..Icca agak memaksakan diri Icca untuk menggunakan jilbab, karena menurut Icca, Icca nggak akan berani untuk memulainya apabila tidak memaksakan diri..hehehe..
Sejauh mana hijab berperan dalam hidup Icca?
Iya teh jujur aja sewaktu pertama menggunakan jilbab hati masih setengah-setengah, setelah Icca bertemu teman-teman hijabers disitu banyak sekali teman yg mempunya visi misi yg sama dan kita saling menguatkan antar teman untuk lebih mencintai jilbab. Semenjak gabung dengan hijabers, Icca mau buktiin ke orang-orang kalo dengan menggunakan jilbab itu perempuan masih bisa berkarya, dan masih bisa beraktivitas, tidak membatasi kita untuk bersosialisasi dll.
Terakhir nih…Buat para muslimah yang ingin terjun ke dunia tarik suara, apa tahapan yang harus dilakukan..?
Untuk para muslimah yg ingin terjun  ke tarik suara, Allah sudah memberi bakat untuk semua orang, justru dengan bakat itu kita harus kembangin karena itu menrupakan bentuk rasa syukur atas bakat yg Allah berikan pd kita, dan sebaik-baik manusia adalah manusia yg bermanfaat untuk orang lain, nah  InsyaAllah kalo para muslimah bernyanyi lagu-lagu berlirik positif akan berdampak positif untuk orang lain, jd jangan takut untuk berkarya, kita harus menyatu untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat musik-musik positif dunia, karena kalo bukan kita siapa lagi heheheh;)
Have a great day…Wassalammu’alaikum..
Contact: @iccaChinantya on twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s