Ragillia Rachmayuni – Illustrator / Designer

Assalamualaikum Polite people,

Bagaimana harimu ? Semoga cerah ceria :-) . Tamu untuk hari ini, adalah seorang desainer dan juga illustrator yang giat berkarya melalui situs blognya. Ragillia Rachmayuni yang akrab dipanggil ‘Agil’ ini sempat menetap beberapa tahun di Bandung untuk sekolah dan mencicipi pengalalaman pertama setelah lulus kuliah. Kini melebarkan sayapnya di kota kelahiran, Pekanbaru, dan tidak pernah berhenti mengejar mimpinya.

Apa saja kegiatan Agil sehari-hari  ?

Kegiatan saya sehari hari adalah kerja full time di salah satu perusahaan di Pekanbaru sebagai Desainer Grafis dari pukul 8 pagi s/d 5 sore. Tetapi, kalo di malam hari saya melanjutkan pekerjaan-pekerjaan freelance saya (desain dan ilustrasi), dan dalam sebulan terakhir ini saya sibuk mempersiapkan ilustrasi-ilustrasi untuk line pribadi saya “Le Phantasie”.

Sejak kapan menyukai gambar-menggambar dan pengaruh paling lekat dari apa/siapa ?

Saya mulai suka menggambar sejak kelas 4 SD, pada saat itu Kakak saya suka menyewa komik, dan pada saat itu juga saya jatuh cinta sekali dengan komik-komik karya Riyoko Ikeda seperti Rose of Versailles, Lady Oscar, Jendela Orpheus, dan Eroica. Dari situ saya mulai meniru gambar-gambar yang bagus disana. Tapi setelah masuk masa kuliah, saya jatuh cinta dengn Inoue Takehiko, mangaka yang membuat SLam Dunk, Vagabond, Real, dll, dia lah yang memotivasi saya untuk belajar gambar aliran realis.

Biasanya kegiatan gambar menggambar itu dekat sama yg namanya ‘mood’. Apa yang biasanya dilakukan untuk membangun mood ?

Biasanya mood booster yang bener-bener ampuh untuk saya adalah musik (biasanya saya dengerin lagu-lagunya Yann Tiersen), mampir ke Youtube untuk melihat video-video live concertnya. Selain itu juga mampir ke Vimeo, melihat video-video yang super kreatif dan segar disana sangat membantu menambah inspirasi untuk menggambar.

Sejak kapan Agil berhijab dan apa pengaruhnya dalam berkarya ?

Saya mulai berhijab ketika kelas 2 SMA, ntah kenapa ketika mulai menggunakan jilbab, saya semakin pede dengan karya karya saya😀 Dan merasa lebih yakin akan passion saya ke arah mana🙂

Apa saja prestasi yang sudah dicapai Agil ?

Membuat orang/klien senang dengan hasil karya/kerja saya sudah merupakan prestasi tersendiri bagi saya, disaat klien suka dengan desain atau ilustrasi yang saya buat, ntah itu berupa cover buku, mini pop up, poster, undangan nikah, header blog dll. Apalagi ketika desain/ilustrasi tersebut dapat membantu promosi dan meningkatkan penjualan dari produk tersebut .

Apa Agil ada hobi lain selain menggambar ? 

Hobi saya selain menggambar adalah merajut, membaca graphic novel, dan menonton film (biasanya saya selalu menonton ulang film-film favorit saya seperti, Batman, Tomb Rider, LOTR, dan kebanyakan film perang)

Adakah pengalaman menarik yang bisa dibagi / proyek terfavorit sejauh ini ?

Sebenernya banyak proyek yang berkesan, tapi bagi saya Proyek proyek TA Buku Ilustrasi Pop Up untuk Anak  dengan tema “Nabi Yunus As dan Ikan Paus” gak akan terganti (http://www.behance.net/gallery/Final-Project-Prophet-Yunus-As-The-Whale/888004). Walau bukan project berbayar, tapi, tugas akhir ini sangat berkesan karena untuk pertama kalinya saya menyentuh hal yang berbau “pop up” dengan penuh perjuangan menyelesaikannya. Dan tugas akhir ini jugalah yang mengantakan saya lulus dari kampus tercinta Institut Teknologi Nasional Bandung tahun 2010 kemaren.

Adakah mimpi atau cita-cita Agil yang belum tercapai ?

Mimpi saya saat ini yang belum tercapai adalah membuat ilustrasi untuk isi buku cerita anak, dan juga kalo memungkinkan ingin sekalian membuat cerita anak sekaligus ilustrasi sendiri, dan kalau memungkinkan lagi, ingin dalam bentuk buku pop up. InsyaAllah.

Selain itu juga, saya sangat ingin karya saya dapat dinikmati oleh semua orang, tetapi tentunya bukan hanya dari monitor, tapi dalam bentuk real. Karena menurut saya, tidak ada yang paling bahagia bagi saya, apabila karya saya bisa dinikmati semua orang (suatu hari ingin bisa buat pameran personal artwork juga, Aamiin) Oleh karena itu saya merintis “Le Phantasie” (www.lephantasie.tumblr.com), proyek “iseng tapi serius” saya ini merealisasikan semua karya ilustrasi saya ke dalam aplikasi T-shirt (untuk saat ini), tapi saya berharap suatu hari bisa membuat aplikasi yang lain juga, saat ini hanya bisa pre order online saja, tapi suatu saat ingin bisa ada outletnya juga Aamiin. Doakan yaah…

Apa pesan yang bisa dibagi untuk para muslimah yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Agil?

Buat teman-teman yang suka atau sedang belajar menggambar jangan menyeraah, teruslah berlatih, dan perbanyak teman/networking, rajin update portofolio di situs portofolio online🙂 sehingga teman-teman lainnya bisa melihat progress kamu, dan kali aja bisa ngasi kamu job😀

Dan satu lagi, saya mau bagi quotes keren nih,

Practicing an art, no matter how well or badly, is a way to make your soul grow, for heaven’s sake. Sing in the shower. Dance to the radio. Tell stories. Write a poem to a friend, even a lousy poem. Do it as well as you possibly can. You will get an enormous reward. You will have created something.”
~ Kurt Vonnegut

Create something new everyday because,  I don’t belive in talent, I belive in hard works🙂

Seperti perjalanan yang panjang namun penuh tantangan asyik di setiap lika-likunya. Agil memiliki passion dan semangat sehingga tidak berhenti untuk berkarya, karena kerja keraslah yang membuat sukses, begitu prinsipnya.

Semoga banyak hal yg bisa dipetik dari bincang-bincang singkat dengan Agil hari ini, tetap semangat mengejar mimpi, dan selalu berusaha🙂

Have a nice day .. Wassalam ..

Kontak Teh Agil :

Tinggalkan Balasan

