Collar (Kerah) part 2

Assalamualaikum Polite People, bagaimana harimu ? Berlanjut dari bahasan ‘fashion knowledge’ sebelumnya mengenai collar. Kali ini posting kami mengenai kerah, karena variasi desain kerah sangat banyak dan menarik, kali ini akan dibahas sedikit lebih mendalam mengenai kategori jenis kerah.

Tailor Collar adalah istilah untuk kerah yang lebar dan memiliki tahapan/jahitan (bisa dilihat di contoh gambar). Istilah yang digunakan untuk bagian-bagian kerah :

  • ‘Stand’ adalah bagian di belakang kerah yang dekat dengan leher. Bagian ini tertutupi oleh apa yang disebut ‘Turn over’ atau ‘Fall’.
  • Tinggi dari ‘stand’ akan bervariasi tergantung desainnya.
  • ‘Fall’ adalah bagian yang menutupi ‘stand’.
  • ‘Breakline’ adalah garis dimana ‘Lapel’ berputar dan ‘fall’ turun menutupi ‘stand’.
  • ‘Style line’ adalah bentuk luar dari ujung kerah.

Lalu ada ‘Stand’. Kerah ini melebar di atas garis leher dari kain. Tingginya akan bervariasi tergantung desain yang dibutuhkan. Kerah ini bisa terbuat dari pita lebar (band) single atau double yang akan turun menutupi kerahnya sendiri. Kerah seperti ini bisa digunakan untuk coats, setelan, dress, atau blouse.

‘Shawl Collar’ dipotong dalam satu potongan. ini mengurangi keharusan untuk adanya jahitan antara kerah dan ‘lapel’. Biasanya berupa garis tak terputus tapi dalam beberapa desain ada juga yang bisa terpotong-potong, bisa saja dibuat menjadi garis yang berlekuk atau variasi lainnya. Desain ini biasanya membungkus di bagian depan dan ditahan oleh sabuk atau kancing.

Tetapi, jenis kerah yang sedang trend saat ini adalah, kerah yang potongannya lebar dan tidak terikat, sehingga bisa bergerak bebas. “Drapped Collar” adalah sebutan untuk jenis kerah yang seperti tirai. Variasi potongannya kini lebih bebas dan para desainer lebih senang bereksperimen dengan efek jatuhnya kerah.

Efek ‘jatuh’ pada kerah versi ‘drapped collar’ bisa mempengaruhi penampilan bentuk tubuh, dikarenakan potongannya yang mendominasi model pakaian.

‘Fashion Knowledge’ selanjutnya akan menyajikan hal yang berbeda dan pastinya patut untuk ditunggu-tunggu. Semoga bahasan kali ini bisa menambah wawasan bagi Anda yang tertarik dengan dunia fashion. Kami akan sangat senang jika Anda memiliki masukan atau tambahan🙂

Semoga harimu menyenangkan, Wassalam !🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s