Seams

Dear Polite People, kali ini kami akan membahas mengenai jahitan (seam). Mungkin kalau diperhatikan, jahitan pada celana jeans berbeda dengan kemeja katun, disini kami akan membahas alasannya.

Tipe-tipe jahitan / seam dalam suatu desain baju, di samping memiliki fungsi juga ada segi dekoratifnya. Selain itu, tipe-tipe jahitan ini memiliki karakter tersendiri dan kecocokan terhadap bahan – bahan kain tertentu.

Image

Merupakan tipe jahitan paling standar, ‘plain seam’ bisa dibuat oleh tangan ataupun mesin jahit dengan cara menekan kedua lembar kain secara bersamaan dengan menjahitnya.

Image

‘Pipe seam’ yaitu tipe jahitan yang menggunakan pipa / kabel yg terbuat dari kapas (biasanya tersedia di toko garmen dengan ketebalan tertentu) fungsinya untuk mempertegas jahitan dalam suatu desain. Karena menonjol, bisa juga dikreasikan sebagai dekorasi.

Image

‘Flat felled seam’ ini adalah tipe jahitan yang rapi dan kuat yang berada di dalam atau di luar pakaian. Biasanya digunakan dalam mendesain baju kasual atau baju olahraga.

Image

Sedanglan ‘welt seam’ merupakan pengembangan dari tipe jahitan sebelumnya, jahitan ini digunakan pada kain yang lebih berat untuk kekuatan ekstra. Seringnya pada pakaian santai anak, pakaian industri dan olahraga

Image

‘Tucked seam’ ini menarik sebagai fitur dekoratif, tetapi tidak cocok untuk jenis kain tebal.

Image

Detail jahitan seperti ‘slot seam’ biasanya digunakan untuk  belenggu, lengan, ikat pinggang, saku dan lapisan panel. Dapat dibuat dengan kain polos, atau dengan motif yang kontras.

Image

‘Overlaid seam’ yaitu sepotong kain diletakkan di atas yang lain dan dijahit dari sisi kanan. Keuntungan dari lapisan ini adalah bahwa kain selalu berada paling atas di sisi kanan dan dapat digunakan pada lapisan bentuk apapun, memungkinkan jika terjadi perubahan pada jahitan.

Image

‘Gathered seam’ Biasanya digunakan untuk dekoratif yang sifatnya ‘penuh’. Efeknya akan bervariasi tergantung pada kain dan jumlah kumpulan yang dibuat. Detail ini sering digunakan pada lengan, manset, belenggu dan ikat pinggang.

Bahan yang sesuai untuk tipe jahitan ini adalah jersey, sutra, voile atau beludru halus.

Image

‘Ruched seam’ Jahitan ini memberikan efek yang sangat dekoratif digunakan pada, lengan korset rok, atau bahu. Jahitan ini disusun untuk mencapai efek ‘ruching’ atau berkerut.

Bagaimana informasinya ? Semoga menambah ilmu baru bagi yang belum mengetahuinya, dan untuk Anda yang sudah mempelajari tentang jahitan, anggap saja sebagai refreshing🙂

Wassalam ..

(foto disadur dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s