Tina Yuliani, IT and Social Entrepreneur

Assalamualaikum Polite people,

Bagaimana kabarnya ? Semoga sehat-sehat saja ya🙂

Tamu kali ini datang dari daerah Jawa Tengah, seorang founder web developer dan sarana sosial yang sangat bermanfaat.

Tina Yuliani, seorang lulusan IT ITB Bandung, yang bergelut di dunia wirausaha bidang IT dan juga sosial ini, akrab dipanggil ‘Tina’. Berdua bersama saudara kembarnya, Tika, Tina membangun Rumah Pintar Kembar.

Image

Apa saja kegiatan Tina selama di ‘rumah pintar kembar’  ?

Sebagai seorang entrepreneur muda yang memulai usaha dari rumah, kegiatan saya saat ini:

a. Sebagai pemilik sekaligus trainer dan web developer di LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Kembar yang bergerak di bidang jasa pembuatan web, kursus komputer dan kursus bahasa inggris. Di LKP Kembar saya mengatur operasional LKP Kembar, mengajar murid-murid (saya sangat suka mengajar, tentunya saya tidak sendiri melainkan dibantu juga staf pengajar lain), dan membuat web untuk klien saya.

b. Sebagai pengelola Rumah Pintar Kembar. Rumah Pintar Kembar merupakan sebuah sarana sosial yang terdiri atas lima sentra yang bertujuan untuk:

1. Menumbuhkan minat baca masyarakat

2. Mengembangkan potensi anak

3. Mengenalkan pemanfaatan IT (Information&Technology) di masyarakat

4. Mengembangkan semangat belajar dan berkarya

Lima sentra yang ada di Rumah Pintar Kembar: Sentra Komputer, Sentra Buku, Sentra Audio Visual, Sentra Kriya, Sentra Bermain. Di Rumah Pintar Kembar, kami sering mengadakan workshop komputer gratis, workshop kriya, kegiatan bermain, lomba, dan seminar  untuk masyarakat sekitar. Mengenai liputan acara bisa dibaca di http://www.rumahpintar-kembar.com/category/event/

c. Sebagai contributing Editor untuk Inspirational Woman Magazine (IWM). IWM merupakan majalah digital berskala internasional yang bertujuan untuk menginspirasi dan mempersatukan wanita di seluruh penjuru dunia yang berpusat di London, Inggris. Tidak hanya berbagi tips, artikel bermanfaat, promosi setiap negara, melainkan juga berbagai wawancara terhadap tokoh wanita inspirasional. Beberapa tokoh wanita Indonesia yang telah saya wawancarai dan tampilkan di IWM seperti Merry Riana, Asma Nadia, Wiwiek Balinese Culture Creation, dan masih banyak lagi. Senang rasanya bagi saya untuk dapat menampilkan tulisan-tulisan dan inspirasi wanita Indonesia lainnya di IWM. IWM bisa dikunjungi di http://www.inspirationalwomenconnecting.com/

Image

Ceritakan sedikit asal-usul ‘rumah pintar kembar’

Berawal dari keinginan saya untuk berwirausaha di bidang IT dan Pendidikan, sesuai dengan passion saya, di akhir tahun 2010, saya mendirikan Rumah Pintar Kembar. Nama Rumah Pintar sebenarnya saya ambil karena sesuai dengan visi kami untuk memintarkan masyarakat sekitar melalui fasilitas yang kami sediakan, seperti buku, internet, dan komputer. Mengapa Kembar? Karena founder/pendirinya adalah saya dan saudara kembar saya, Tika.

Image 

Apa motivasi Tina dalam membangun ‘rumah pintar kembar’ ?

Pada awalnya banyak yang mempertanyakan keputusan saya untuk berwirausaha dan kembali ke kampung halaman. Tidak sedikit juga yang bilang “Lulusan ITB kok cuma bekerja di rumah” . Namun, tak mengapa, bagi saya bekerja itu bukan hanya untuk materi atau status sosial, tapi bekerja itu harus dilandasi niat yang benar dan sesuai passion. Jika kamu bekerja sesuai dengan passion kamu, maka tiap hari kamu akan punya semangat lagi dan lagi. Bahkan kamu selalu excited untuk bangun tiap paginya untuk melaksanakan rencana yang sudah kamu pikirkan di hari sebelumnya.

Bekerja sesuai passion akan menghasilkan ENERGI terbarukan sebagaimana matahari.

Pada awalnya, Rumah Pintar Kembar membawahi jasa web, kursus komputer, kursus bahasa inggris dan taman bacaan. Seiring berjalannya waktu, kini jasa web, kursus komputer, dan kursus bahasa inggris tergabung dalam LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Kembar sebagai usaha komersil kami dalam dunia IT dan Pendidikan, sedangkan Rumah Pintar Kembar membawahi sentra buku, sentra bermain, sentra kriya, sentra audio visual, dan sentra computer sebagai lembaga sosial non profit yang memberikan layanan GRATIS pada masyarakat sekitar berupa baca buku GRATIS, bermain APE (Alat Peraga Edukatif) GRATIS, workshop kriya GRATIS, nonton film pendidikan GRATIS, dan workshop komputer GRATIS.

Image

Sejak kapan Tina berhijab dan apa pengaruhnya dalam kegiatan kak Tina ?

Saya berhijab tepatnya setelah saya diterima berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Alhamdulillah setelah berhijab, saya merasa lebih tenang dan nyaman dalam berkeseharian. Selama kuliah, saya juga mengikuti mentoring bersama teman-teman sehingga Alhamdulillah dapat dikatakan memiliki lingkaran pergaulan yang positif. Selain itu, ketika saya sedang berada di luar negeri pun, di Perancis waktu mengikuti Total Summer School maupun di Belanda ketika riset di Technische Universiteit Eindhoven misalnya ketika makan di restoran, tanpa saya minta, pelayannya memilihkan menu non babi dan minuman non alkohol.

Apa saja hobi dan inspirasi Tina dalam berkegiatan ?

Hobi saya membaca buku dan artikel seputar inspirasi dan motivasi.

Image

Adakah mimpi atau cita-cita Tina yang belum tercapai ?

Untuk kehidupan pribadi, saya ingin agar lebih bisa membahagiakan orang tua saya, dan tentunya sebagai seorang wanita saya juga ingin menjadi seorang istri yang baik bagi suami saya serta ibu yang baik bagi anak-anak saya nantinya.

Untuk karir ke depannya saya bercita-cita agar LKP Kembar bisa memiliki sistem sehingga memungkinkan bagi saya untuk membuka cabang-cabang LKP Kembar di wilayah atau kota lain, serta tetap dapat berkontribusi aktif bagi masyarakat sekitar melalui kelima sentra di Rumah Pintar Kembar. Serta tentunya bisa lebih menginspirasi lebih banyak orang melalui hal yang dilakukan. Mohon doa dan dukungannya ya🙂

Apa pesan yang bisa dibagi untuk para muslimah yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Tina ?

Jangan takut untuk bermimpi, bahkan impian yang besar sekalipun. Peganglah selalu impian itu dan yakini bahwa ada jalan untuk ke sana. Ketika kita dihadapkan pada pintu kegagalan untuk meraih mimpi, jangan menyerah, tetap yakin dan semangat. Mungkin jalan yang akan kita lalui untuk meraih mimpi kita agak berliku, tidak lurus semata. Tapi tetaplah sabar dan semangat untuk meraih mimpi. Man Jadda wa Jadda. Siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. SE-MA-NGAT!

Image

Tina memegang mimpinya dan selalu termotivasi untuk menjalankan passionnya yang kini sudah sesukses Rumah Pintar Kembar, meskipun tidak menjalani jalur yang biasanya dilewati oleh lulusan IT pada umumnya, tapi Tina bisa menjalankan mimpinya dengan tetap mengaplikasikan serta berbagi ilmu di masyarakat.

Pesan Tina begitu memotivasi, semoga bisa jadi inspirasi dan juga semangat ya bagi kita semua agar bisa mengejar mimpi🙂

Have a nice long weekend, wassalam .. !

Kontak Kak Tina :

yuliani_tina@yahoo.com

http://www.facebook.com/tina.yuliani

0856 2468 5577

http://www.rumahpintar-kembar.com/

2 comments

  1. eny · Oktober 1, 2012

    WAH SALUT BUAT KAK TINA SMG ALLAH MERIDHOI AAMIIN

  2. nila · Agustus 28, 2013

    Suka bgt,Alhamdulillah bs mengenal mb Tina. InsyAllah aq bsk join grup IT preneurnya ya mbak.

Tinggalkan Balasan

