Hijab and Art: Syarifah Tika Irmasari

Assalamualaikum Polite people,

Bagaimana harimu ? Semoga tetap semangat🙂 Hari ini kami kedatangan tamu, seorang illustrator yang karya-karyanya telah menghiasi dunia anak-anak Indonesia.

Syarifah Tika Irmasari, seorang lulusan DKV ITENAS Bandung, yang bergelut di dunia ilustrasi untuk anak-anak. Banyak buku yang telah diterbitkan berisi hasil karya seorang wanita muda yang akrab dipanggil ‘Tieqa’ ini.

Apa saja pengalaman Tieqa sejauh ini di dunia ilustrasi anak-anak ?

Saya menjadi freelance illustrator sejak tahun 2008 dengan Penerbit Mizan sebagai klien pertama saya, selanjutnya sedikit demi sedikit mulai merambah ke penerbit lainnya yang mengkontak karena melihat karya-karya saya di www.tieq.deviantart.com.

Selain penerbit, saya membuat ilustrasi juga untuk www.kaosalesia.com, selain kaos anak, ada produk terbaru yaitu pin hijab.

Untuk pengalaman ilustrasi yang dicetak pada buku bisa ditemukan di toko-toko buku, seperti :

Dar! Mizan :

KKPK Dunia Kue

KKPK The Pinker Princess

KKPK Adventure Day

KKPK Loli The Little Fairy

Muslim Boys : Aku Selalu Berdoa dan Bersyukur

Muslim Boys : Aku Selalu Sholat 5 Waktu

Pintar Bersama Bernard : Tentang Sulap dan Pesulap

Pintar Bersama Bernard : Siapa Pembuat Es Krim Pertama di Dunia?

Upin Ipin : Ayo berlatih Mengenal Angka (layouting; Dar! Mizan)

Upin Ipin : Berlatih Mengenal Huruf Yuk (layouting; Dar! Mizan)

Ensiklopedia Shalat for Kids

Kenapa Halal Kenapa Haram for Kids

Aku Tahu Minyak Bumi dan Sumber Energi Lainnya

101 Info Tentang Sedekah

Kaifa :

Penyihir Cilik Pintar Matematia

Young, Rich & Famous

Al Kautsar :

Aku Anak Shaleh

Lingkar Pena :

Prince of Light : Si Cerdas dari Baghdad

Yang mana karya favorit Tieqa dan ceritakan kenapa ?

Karya terfavorit dan sangat berkesan bagi saya ada di buku 101 Info Tentang Sedekah yang diterbitkan Dar! Mizan. Berkesan karena ini adalah buku pertama yang memuat 30 gambar berwarna yang saya buat. Terfavorit karena saya suka dengan pengajaran bersedekah. Semoga siapapun, anak-anak manapun yang membaca dan melihat gambar saya bisa terinspirasi untuk selalu bersedekah.😀

Sejak kapan Tieqa berhijab dan apa pengaruhnya dalam berkarya ?

Alhamdulillah saya mulai berhijab sejak tahun 2004, tepatnya sewaktu kenaikan kelas 3 SMA. Hijab ini sangat mempengaruhi karya-karya yang saya buat. Terutama karena saya senang sekali menggambar karakter chibi diri, maka pada saat inilah tangan saya mulai terbiasa membuat gambar chibi berhijab.

Apa saja hobi dan inspirasi Tieqa dalam berkarya ?

Selain menggambar, saya senang sekali dengan crafting, musik, film, makan, japan & korean wave. Semua yang saya lihat dan rasakan sehari-hari merupakan inspirasi saya dalam berkarya. Selalu ada sesuatu yang tanpa sadar muncul dalam khayalan bawah sadar saya.

Adakah mimpi atau cita-cita Tieqa berkenaan dengan ilustrator anak-anak ini ?

Mimpi saya menjadi illustrator anak yang sukses dunia akhirat. Saya menginginkan karya-karya saya bermanfaat dan menginspirasi umat manusia diseluruh penjuru negara.

Apa pesan yang bisa dibagi untuk para muslimah yang ingin menggeluti bidang ini ?

Siapapun yang ingin menjadi seorang ilustrator yang utama adalah selalu berlatih, berdoa dan berkarya. Alhamdulillah untuk yang sudah memiliki style gambar sendiri. Untuk yang belum menemukannya terus latihan gambar, tiru semua style gambar yang kamu suka, Insya Allah tanpa sadar style gambarmu akan muncul, Bismillah!😀

Wah.. Beruntung sekali bisa sedikit obrol-obrol dengan orang berbakat seperti Tieqa, semoga impiannya menjadi illustrator anak yang sukses dan dikenal dunia tercapai, amin.

Jangan lupa untuk terus berusaha dan bertawakal kepada Allah SWT. Semoga mimpi-mimpimu juga tercapai ya😉

Have a nice day, wassalam .. !

Tieqa bisa dikontak melalui :

Syarifah Tika Irmasari, S.Ds

P : 08562098071

W : http://tieq.deviantart.com/

Tinggalkan Balasan

