Astri Puji Lestari (Atit) – Rollerblade Player

Name: Astri Puji Lestari

Birth Date:  April 9th, 1988

Ceritakan bagaimana awalnya Atit mengenal rollerblade, hingga akhirnya menjad atlet nasional seperti sekarang?

Awalnya aku kenal roller itu dari SD kelas 3,waktu itu memang sedang trend. Lalu saya ikut club, namanya b-blades. Dulu latihannya setiap sabtu-minggu, sekitar kls 4 SD aku mulai ikut kejurnas dan pertandingan-pertandingan. Roller atau inline skate itu terbagi beberapa cabang lagi (speed,freestyle,hockey,dll) dan saya masuk cabang speed sejak SD sampai awal kuliah dan akhirnya divonis cedera. Selama masa aktif sempat ikut KEJURNAS, PON, dan banyak pertandingan nasional lainnya. Sebenarnya saya bukan orang yang ahli di bidang ini,banyak yang lebih ahli dari saya. Tapi saya benar-benar suka olahraga ini. Rasa kangennya besar sekali ketika sudah lama nggak main, tapi terkadang males   juga sih kalau sudah  harus serius hehe.. Setelah vacum lama karena cedera, lalu fokus untuk kuliah dll, ketika TA di jurusan arsitektur, saya diberi kebebasan untuk memilih tema dan fungsi bangunan yang akan saya desain. Akhirya saya pilih untuk membuat banktrack (arena untuk latihan dan bertanding inline). Oleh karena hal itu, saya mulai mencari-cari lagi info tentang inline. Sampai akhirnya saya melihat satu video tentang inline slalom di youtube. Sejak itu rasa ingin ber inline skate muncul lagi. Kebetulan pada saat itu saya bertemu dengan beberapa orang yang juga punya interest yang sama. Akhirnya kami memutuskan untuk mulai latihan dan main bersama lagi sampai akhirnya membentuk komunitas inline slalom : roller manumit.

Dari sekian banyak prestasi , mana yang paling berkesan bagi Atit? Kenapa?

Yang paling berkesan waktu saya dan teman saya mendapat kesempatan dari mba mitya dan roller manumit untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam pertandingan slalom ke Haining-China. Sangat berkesan karena waktu itu saya dan teman-teman baru kenal slalom sekitar 1 bulan. Baru  belajar tahap basic, inlinenya pun masih yang model keluaran lamaa, lalu tiba-tiba harus bertanding di pertandingan internasional. Semuanya menjadi rangkaian perjalanan yang menarik mengingat waktu saya berangkat ke Haining itu sedang bulan puasa, bawa bekal uang pas-pas an dan modal saya hanya bisa bahasa Inggris asal-asal an aja. Ternyata disana orang-orang Cina nggak bisa bahasa Inggris. Tulisan pun Kanji karena mereka nggak bisa Latin. Sementara saya harus stay berdua dengan temen saya yang nggak ngerti apa-apa dan sama-sama nggak bawa uang juga. Hehehehe..

Bagaimana dengan hijab yang dikenakan, apakah hijab berpengaruh dalam aktivitas olahraga Atit?

3 Tahun yang lalu, sebelum akhirnya saya memutuskan memakai hijab , saya selalu memakai baju yang minim untuk berolah raga. Dan ketika itu adakalanya hampir setiap hari saya latihan. Maka ketika akhirnya mulai beraktifitas dan berolahraga mengenakan hijab, banyak sekali perbedaan yang dirasakan. Sebenernya kalau mau dipermasalahkan, ya banyak yang bisa dipermasalahkan, dari alasan-alasan yang logis, sampai alasan yang nggak logis. Mulai dari mempermasalahkan jilbab yang kadang tertiup angin menutupi mata, lalu merasa lebih panas, merasa terbatasi ruang gerak dan aktifitasnya dll. Tapi kalo nggak dipermasalahkan juga ternyata bisa. Dan justru Alhamdulillah akhirnya merasa nyaman nyaman aja sekarang..

Apa Atit pernah mengalami kejadian yang berkesan dengan hijab?

Mmm…waktu di pasar malam d Cina, saya ketemu mafia-mafia Cina yang mungkin merasa keanehan melihat saya memakai jilbab dan baju serba tertutup di udara sepanas itu. Awalnya mereka ngomong ke saya sambil marah-marah dan saya diam aja karena ngga ngerti hehe.. Terus mereka inisiatif menarik paksa jilbab saya. Niatnya supaya saya nggak kepanasan. Baik sih niatnya… Tapi aduhh,,,hahaa..

Ada lagi waktu di Hangchou saya menginap di hotel backpackers, di situ saya kenalan dan makan malam dengan orang dari Turki, Jepang, Swiss, Portugal dll. Mereka banyak tanya soal kenapa saya pake jilbab dan puasa (soalnya sedang bulan puasa).  Lalu mereka langsung meminta menu makanan yang halal tanpa babi dll. Padahal susah sekali cari makanan yang halal di daerah situ. Lalu, setelah makan pun mereka mengantar saya ke hotel sambil bilang “perempuan muslim itu bukannya nggak boleh pulang malem ya?”. Sebelum akhirnya mereka pergi ke bar. dan mereka bilang “Maaf kami mau minum alkohol kadar rendah sebentar nggak apa-apa ya?”. Nggak berapa lama mereka kembali lagi ke hotel dan cerita-cerita lagi. Sebelum akhirnya berpisah.

Hal yang menarik disini saya justru nggak merasa jilbab menghalangi saya untuk bersosialisasi ketika di luar indonesia pun.Wah sebenarnya banyak sekali sih kejadian yang berkesan sampai yang antik-antik dan aneh-aneh selama memakai hijab.

Gaya berbusana favorit pada saat olahraga?

Naaahh,..ini yang agak susahh..ehehehe. Sebenarnya saya biasa pakai legging hitam dan pakai atasan yang besar sampai menutupi sekitar paha. Sebenarnya salah juga sih saya masih pakai legging. Ini masih berusaha untuk mulai mengurangi. Hehehe… Terkadang ribetnya kalau pakai jilbab suka diledek kaya ibu-ibu mau senam terus ke pasar. Zzzz..Makanya kadang masih suka pilih-pilih pakai baju apa supaya nggak terlihat seperti ibu-ibu mau senam.. Hehe…

Setiap orang punya mimpi. Apa profesi ini adalah mimpi Atit?

Pada saatnya iya, ini mimpi saya. Ada beberapa obsesi dan keinginan di bidang ini, dan Alhamdulillah beberapa di antaranya sudah tercapai. Tapi pada dasarnya saya orangnya banyak maunya hehe.. Jadi masih ingin mengejar mimpi-minpi di bidang yang lain juga, hehee..

Punya pesan motivasi untuk muslimah yang ingin berprestasi di bidang olah raga?

Hehe, kalau  dari saya sih, saya pikir hijab bukan penghalang untuk berolahraga dan berprestasi. Sebaliknya olahraga dan prestasi pun bukan penghalang untuk berhijab. Memang pasti ada beberapa hal yang berubah ketika akhirnya kita memutuskan berhijab dan ada di bidang ini dan mungkin beberapa akan merasa cukup berat di awalnya. Tapi itu seru kok buat di lalui,hehe…

2 comments

  1. awanlangitin · Juli 7, 2012

    waw keren

  2. yayang · Juli 11, 2012

    manthab mbak….sukses selalu

Tinggalkan Balasan

